Rabu, 04 Mei 2011 By: Unknown

Ingatan Mengenai Wajah

Sering digambarkan dalam film bahwa anak kecil yang menjadi saksi kunci suatu kejahatan dianggap memiliki ingatan tajam untuk mengenali wajah si penjahat yang dilihatnya. Hal itu seolah menunjukkan bahwa ingatan anak-anak terhadap wajah seseorang lebih tajam dibanding mereka yang sudah dewasa.


Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh Laura T. Germine dan Ken Nakayama dari Harvard University dan Bradley Duchaine dari Dartmout College menunjukkan hal yang menarik. Mereka melakukan penelitian untuk menemukan pada usia berapa seseorang paling tajam ingatannya mengenali wajah dan nama seseorang. Resume hasil penelitan mereka dipublikasikan pada pertengahan Desember 2010 ini.


Para peneliti tersebut melakukan penelitiannya berdasarkan Cambridde Face Memory Test yang melibatkan relawan sebanyak 44.000-an berusia antara 10 hingga 70 tahun. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan mengingat nama seseorang maksimal (paling tajam) terjadi pada usia 23 sampai 24 tahun. Hal ini sesuai dengan penelitian-penelitian terdahulu.




Namun mengenai kemampuan seseorang mengingat wajah berkembang sesuai usia dan paling tajam (maksimal) terjadi pada usia 30-34 tahun. Pada usia 10-20 tahun terjadi peningkatan kemampuan mengingat wajah yang tajam. Pada usia 20-an peningkatan kemampuannya berjalan lambat, namun pada usia 30-34 tahun, inilah saat kemampuannya mencapai puncak karena dari responden mereka 83 persen mampu mengingat wajah dengan tepat. Setelah itu kemampuan mengingat wajah seseorang terus menurun di mana usia 65 tahun kemampuannya sama dengan anak usia 16 tahun.


"Kita melihat wajah-wajah dan mempelajari wajah-wajah itu sepanjang waktu," ujar Germine. "Itulah yang membuat suatu bagian di dalam otak kita perlu suatu periode untuk mempelajari dan mengingat berbagai bentuk wajah yang ditemukan hingga mencapai puncak kemampuannya pada usia di awal kedewasaan manusia (30-34 tahun)," ujar peneliti dari Harvard itu.


Jadi, jika anggapan kita selama ini anak kecil belasan tahun paling tajam kemampuan mengingat wajahnya, penelitian terbaru ini menunjukkan hal sebaliknya. Pada kisaran usia 30 hingga 34 tahunlah orang memiliki ingatan tajam mengenali wajah.


Penulis : Tim AndrieWongso.com

0 komentar:

Posting Komentar