Kamis, 17 Maret 2011 By: Unknown
Gambar bitmap dan vector
Dalam dunia grafis,kita perlu mengenal aplikasi gambar digital yang kita buat.Ada dua macam gambar yang dapat dihasilkan proses digital,yaitu gambar vector dan bitmap.Keduanya mempunyai manfaat berbeda,tergantung bagaimana kita menggunakannya.
 Gambar bitmap
Gmbar bitmap adalah gambar yang dibentuk oleh sekumpulan titik yang disebut pixel(picture element).Titik-titik akan terlihat sebagai sebuah gambar secara utuh(satu kesatuan_apabila kita melihatnya dari jauh.Jika melakukan pembesaran tertentu pada gambar,maka kita akan melihat sederetan kotak yang berhimpitan dengan arah vertical horizontal.Banyaknya titik sangat menentukan tingkat kejelasan dan kualitas gambar yang ada (disebut resolusi).Semakin tinggi tingkat resolusi,semakin tinggi pula detail dan keakuratan warna yang dihasilkan.Tolok ukur resolusi disebut dpi (dots per inch) atau ppi (pixel per inch).
 Gambar vector
Gambar vector adalah gambar yang tidak bergantung pada resolusi.Jadi,saat kita melakukan pembesaran atau pengecilan,gambar tetap mempunyai kualitas yang sama.Berbeda dengan gambar bitmap yang tersusus atas titik-titik kecil,gambar vector merupakan hasil garis,kurva,dan bidang.Setiap unsure mempunyai fill dan stoke yang dapat kita edit sesuai kreasi.
Apabila ingin menyimpan hasil kerja gambar vector sebagai gambar bitmap,kita tinggal menyimpannya dengan format yang lain (save as) dengan tetap menyimpan format file aslinya.Dengan demikian,kita dapat mengeditnya setiap saat.
Format file yang tergolong gambar vector adalah AI,CDR,CMX,CGM,serta beberapaformat lain.Adapun program computer grafis umum yang menghasilkannya adalah Adobe Ilustrator,corel Draw,dan Macromedia Freehand.

Format Penyimpan Gambar
Dunia grafis mewmiliki beberapa format penyimpan file gambar,setiap bentuk format mempunyai kelebihan dan kekurangan serta manfaat yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.Contohnya,file gambar dengan format GIF dan JPEG sangat sesuai untuk digunakan pada tampilan website,sedangkan format PSD mempunyai kelebihan tiapbagiannya dapat diedit dengan cepat dari pada kedua format sebelumnya.Ada banyak format penyimpan file,tetapi berikut adalah penjelasan beberapa bentuk format yang umum digunakan.
BMP
Merupakan file format standar dari Windows Image dan mempunyai ukuran yang besar dengan kualitas baik,tetapi tidak dapat digunakan untuk keperluan web.
TIFF
Tagged Image File Format adalah bentuk format yang banyak digunakan dalam bidang percetakan,seperti koran dan majalah.Format tidak dapat dikompres seperti bentuk Gif dan JPEG/JPG.
GIF
Graphical Interchange Format merupakan salah satu bentuk format yang digunakan di dalam web (selain JPEG/JPG) dan dapat dikompres.Namun,tingkat resolusi warnanya terbatas,yaitu 256 warna,sehingga sangat cocok untuk aplikasi animasi dan bentuk logo yang ditampilkan dalam web.
JPEG/JPG
Joint Photographics Experts Group merupakan bentuk format file yang dapat dikompres dengan tingkat resolusi warna yang tinggi.Gnbar denganformat ini dapat ditampilkan dalam web serta sangat popular dalam dunia fotografi.
PSD
merupakan bentuk penyimpam file dari Adobe Photoshop yang terdiri atas layer-layer.Dengan demikian,apabila kita ingin membuat suatu desain,maka bentuk format PSD sangat sesuai.
PDF
Portable Dicumen Format adalah bentuk format dari program Adobe Avrobat Reader.Bentuk ini sangat sesuai untuk menyimpan dokumen yang panjang.
WMF
Windows Meta File adalah bentuk format untuk clip art dengan menyertakan background files.
PNG
Portable Network Graphics merupakan gabungan fitur terbaik antara GIF dan JPEG/JPG.Format PNG dapat dikompres file yang berbeda dengan JPEG/JPG,seperti alpha channel.
AI
Adobe Ilustrator merupakan bentuk file yang dihasilkan oleh program Adobe Ilustrator dengan aplikasi gambar vector.

Pilihan Warna CMYK dan RGB
RGB merupakan komposisi dari tiga warna spectrum,yaitu red,green,dan blue.Komposisi dari ketiga warna digunakan oleh computer dan tampilan pada monitor untuk menciptakan warna tersendiri. Nilai 100% masing-masing warna menjadi tampilan putih (white screen), sedangkan nilai 0% menjadi tampilan warna gela (dark screen).
Palet RGB menggunakan 255 tingkat warna gradasi.
CMYK merupakan komposisi dar empat spektrum warna, yaitu cyan, magenta, yellow, dan black. Keempatnya merupakan dasar warna yang digunakan pada pengoprasian printer. Komposisi warna CMYK hanya sebatas 100 tingkat gradasi. Dengan demikian, apabila kita mengerjakan dokumen dengan menggunakan warna RGB, maka ada detail-detail warna yang tidak terbaca oleh printer (out of gamut), Adobe Photoshop (palet color) akan memunculkan tanda segitiga sebagai peringatan. Apabila kita mengklik tanda, maka secara otomatis akan terpilih warna lain yang mendekati untuk proses cetak.

SEKILAS TENTANG ADOBE ILURTRATOR
Halaman Kerja Adobe Illustrator
Tampilan halaman kerja Adobe Illustrator secara umum mempunyai beberapa bagian penting sebagai berikut:
1. Menu Bar; terdiri atas menu utama yang meliputi File, Edit, Object, Type, Select, Filter, Effect, View, Window, dan Help. Pada tiap menu, kita dapat memilih untuk memunculkan submenu yang ada di dalamnya dengan mengklik kursor pada salah satu menu utama.
2. Toolbox; merupakan perangkat-perangkat yang digunakan untuk menggambar, menyeleksi dan memanipulasi obyek serta membuat teks, agar tampak lebih unik dan menarik.

Untuk membuat komik, kita tidak perlu menggunakan semua perangkat tersebut. Beberapa diantaranya yand sangat mutlak dipakai adalah selection tool, direct selection tool, pen tool, rectangle tool, line segment tool, dan pencil tool. Kita dapat mempergunakan perangkat lain sesuai kondisi dan kebutuhan kita dalam membuat komik.
Beberapa perangkat dalam toolbox mempunya anggota lain yang tersembunyi. Adapun, cara menampilkan anggota dengan mengklik dan menahan segitiga hitam kecil yang terletak pada salah satu perangkat yang kita pilih. Setelah muncul kotak dengan beberapa pilihan tool, kliklah pada bagian tepi kanan kotak hingga muncul tulisan tearoff.
Selection tools, merupakan perangkat yang sangat berguna dalam menyeleksi obyek terpilih. Setiap akan melakukan perubahan pada sebuah atau beberapa obyek, kita selalu mulai dengan perangkat selection tool. Dengan perangkat, kita dapat mengubah setiap bagian obyek secara terpisah pada fill dan stroke yang dikehendaki. Kelompok selection tool meliputi selection tool, direct selection tool, group selection tool, magic wand tool, dan lasso tool.
Drawing tools, adalah perangkat yang dapat digunakan untuk keperluan pembuatan dan pengolahan obyek yang terdiri atas beberapa path. Sebuah path tersusun atas line segment dan anchor point yang dapat kita edit dengan perangkat gambar yang telah tersedia. Anggota lain dalam kelompok drawing tools adalah:
 Pen tool, termasuk di dalamnya adalah pen tool, add anchor point tool, delete anchor point tool, dan covert anchor point tool. Kegunaan perangkat adalah mengedit anchor point suatu path.
 Line segment tool, termasuk di dalamnya adalah line segment tool, arc tool, spiral tool, rectangular gird tool, dan polar grid.
 Rectangle tool,meliputi rectangle tool,rounded rectangle tool,ellipse tool,polygon tool,star tool,dan flare tool.Kegunaan perangkat adalah membuat bentuk-bentuk dasar.
 Pencil tool,meliputi pencil tool,smooth tool,dan eraser tool.Kegunaan perangkat adalah membuat path secara bebas.
 Paintbrush tool,meliputi paintbrush tool.

Beberapa perangkat lain yang digunakan untuk mengedit dan mentransformasi obyek adalah rotate tool (rotate tool dan reflect tool) ; scale tool (scale tool,dan reshape tool); warp tool (warp tool,twirl tool,pucker tool,bloat tool,scallop tool, crystallize tool,dan wrinkle tool); dan free transform tool.
Type tool,adalah perangkat yang digunakan untuk membuat berbagai macam teks dengan bentuk variasinya agar tampilan lebih menarik.
3. Palette;sangat berguna dalam membantu kerja perangkat dalam toolbox untuk mengedit obyek.Keberadaan palet dapat ditampilkan dan disembunyikan sesuai kebutuhan kita.Cara menampilkan palet adalah dengan mengklik menu utama Window,sehingga akan muncul submenu yang dapat kita pilih.Beberapa palet yang sangat diperlukan untuk membantu kerja perangkat toolbox dalam membuat komik adalah palet brushes,color,layers,stroke,dan swatches.
4. Halaman kerja;merupakan area yang menjadi ruang kerja Adobe Ilustrator.Kita dapat mulai bekerja dalam halaman kerja dengan membuka program Adobe Ilustrator yang telah kita instalpada computer.Sebagai contoh,buku yang dibuat darai Adobe Ilustrator CS2,sehingga pada awal tampilan program muncul kotak dialog untuk menentukan langkah kita selanjutnya.Pilih New Dokument untuk memulai dokumen baru atau pilih Open Document untuk membuka dokumen kerja kita yang telah tersimpan sebagai file.
5. Title bar;menyebutkan nama dokumen yang sedang dibuka,pertsentase tampilan,dan pilihan mode warna yang sedang digunakan.
6. Status bar;memberikan informasi tentang apa yang sedang kita kerjakan di halaman kerja.

SEKILAS TENTANG ADOBE PHOTOSHOP
Tampilan halaman kerja Adobe Photoshop secar umum mempunyai beberapa bagian penting sebagai berikut:
Menu bar;bagian ini terdiri atas beberapa menu utama yang meliputi File,Edit Image,Layer,Select,Filter,View,Window,dan Help.Tiap menu utama memiliki beberapa submenu yang dapat kita buka dengan mengklik kursor pada tiap menu utama.
Toolbox;berisi perangakat yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi gambar atau foto.Perangkat dapat pula digunakan untuk membuat dan mewarnai obyek seta membuat teks agar tampil lebih menarik.Cara menampilkan toolgox adalah mengklik menu utama window,lalau pilih submenu tools.
Dalam membuat komik,kita tidak menggunakn semua perangakat yang tersedia dalam Adobe Photoshop.Beberapa diantaranya yang sangat penting adalah:
• Move tool,adalah perangkat yang digunakan untuk memilih dan memindah obyek dalam halaman kerja.
• Rectangular marquee tool,adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk menyeleksi obyek dengan segi empat.Bila kita mengklik segitiga hitam pada pojok tool,maka akan tampak anggota tool yang lain.Perangkat penyeleksi obyek yang lain adalah elliptical marquee tool (menyeleksi denagn bentuk lingkaran dan elips) ,single row marquee tool,kita tekan tombol Shift secara bersamaan.
• Polygonal lasso tool,adalah salah satu pereangakat yang dapat digunakan menyeleksi dengan bentuk segi banyak secara patah-patah.Selain penyeleksi bebas ,masih ada dua perangkat penyeleksi lainnya,yaitu lasso tool(menyeleksi obyek dengan bentuk bebas ) dan magnetic lasso tool (menyeleksi obyek yang melekat pada perbatasan pixel yang dipilih).
• Magic wand tool,adalah perangkat yang digunakan untuk membuat seleksi pada pixelberdasarkan persamaan warna yang ada pada halaman kerja.Kita dapat melakukan penyeleksi beberapa obyek sekaligus atau pemotongan obyek dengan melakukan pengaturan pada option bar.Beberapa pengaturan yang dapat kita lakukan adalah add to selection(penyeleksi beberapa obyek sekaligus), subtract to selection (pengukuran obyek),dan intersect to selection (pemotongan obyek).
• Crop tool,perangkat yang digunakan untuk memotong bagian tertentu obyek pada halaman kerja.
• Pencil tool,tergolong sebagai perangkat untuk menggambar.Perangkat ini yang mempunyai kegunaan hamper sama adalah brush tool,yang dapat kita tampilkan dengan mengklik segitiga hitam pada bagian pojok tool.Kita dapat mengubah ukuran dan bentuk pencil dan brush melalui option bar.
• Eraser tool,adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menghapus bagian-bagian obyek yang tidak diperlukan.
• Paint bucket tool,merupakan perangkat yang digunakan untuk memberikan warna tertentu pada area yang telah terseleksi.Pemilihan warna dan pengambilan contoh warna dapat dibantu eyedropper tool.Kemudian,kita dapat melakukan pengaturan ketebalan warna pada option bar.Selain pewarnaan system blok,Adobe Photoshop menyediakan fasilitas warna gradasi.Pilih gradient tool dan lakukan pengaturan pada option bar.
• Blur tool,adalah perangkat yang digunakan untuk mengaburkan obyek atau gambar terpilih.Kemudian,ada perangkat lain dalam kelompok,yaitu sharpen tool (menambah tingkat ketajaman gambar agar lebih kontras) dan smudge tool (memberikan efek gosokan tangan).
• Type tool,adalah perangkat yang digunakan untuk membuat teks dengan variasinya (horizontal type tool,vertical type tool,horizontal type mask tool ,dan vertical type mask tool).Jika ingin membuat berbagai bentuk teks (gelombang,asimetris seperti trapezium,dan bentuk-bentuk lain),maka setelah membuat teks,bloklah teks dan pilih create warped text pada option bar.
• Pen tool,adalah perangkat yang digunakan untuk membuat path berupa garis lurus dan garis lengkung atau kurva.Penggunaan pen tool dibantu pula oleh anggota kelompok yang lain,yaitu freeform pen (membuat path secara bebas),add anchor point(menambah titik pada path yang dibuat),dan delet anchor point (mengurangi titik pada path yang dibuat).
• Shape tool,adalah perangkat yang digunakan membuat obyek secara default oleh Adobe Photoshop.Pengaturan dan pemilihan obyek dapat dilakukan pada option bar.Beberapa bentuk shape tool pada toolbox adalah rectangle tool (membuat obyek persegi),rounded rectangle tool (membuat obyek elips), polygon tool (membuat obyek segi banyak),line tool (membuat garis), dan custom shape (untuk membuat obyek dengan berbagai variasi yang pilihannya dapat kita lihat pada option bar).

Palette,sangat membantu kerja perangkat yang ada pada toolbox seperti halnya palet Adobe Ilustrator.Agar kerja lebih cepat dan efisien,tampilan palet yang diperlukan pada tampilan ruang kerja Adobe Phtoshop.Caranya adalah dengan mengklik menu utama window,maka aka nada submenu yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan.
Halaman kerja,merupakan tampilan dokumen tempat kita bekerja untuk menggambar dan mengedit dengan perangkat yang telah disediakan Adobr Photoshop.Untuk menampilkannya,klik menu utama file dan pilih sub menu New untuk memulai halaman kerja baru.Kemudian ,lakukan pengaturan pada ukuran dokumen,pilih warna ,dan besar image dokumen.Sebaliknya,untuk membuka halaman kerja yang telah tersimpan sebagai file,pilih submenu Open atau Open Recent untuk file yang pernah dibuka.
Option bar,adalah tampilan dibawah menu bar yang berguna untuk membantu pengaturan kerja perangkat-perangkat dalam toolbox.
Title Bar,tampilan yang menginformasikan tentang nama dokumen yang sedang dibuka,presentase tampilan,dan mode pilihan warna yang sedang digunakan.
Status Bar,Memberi keterangan tentang apa yangsedang kita kerjakan.

0 komentar:

Posting Komentar